Menulis Press Release dan Contoh yang Sudah Kami Kerjakan - Tanah Air PR - #1 Media Relations

Menulis Press Release dan Contoh yang Sudah Kami Kerjakan

Ilustrasi


TANAH AIR PR- Banyak yang mengatakan membuat press release itu gampang. Sebab, kata mereka, sudah ada formatnya, ada strukturnya, tinggal ikuti saja, beres.
 
Tapi bahkan seorang wartawan yang kesehariannya bergelut dengan penulisan berita, juga kesulitan untuk menentukan judul, memilih lead, body, dan memilih informasi yang terpenting.

Karena itu, dimensi sebuah press release tidak hanya sekadar pada format atau struktur, tapi kepada persoalan yang jauh lebih rumit yaitu kemana kita akan membawa berita ini, apakah press release ini nanti akan mampu membawa "pesan" itu dengan baik kepada penerima pesan?

Di sinilah kemudian kita membicarakan mengenai angle atau sudut pandang, visi dan misi, . Lalu kemudian beranjak ke "visi dan misi" serta news value. Lalu apakah berita ini mengandung makna yang tunggal atau jamak atau kontoversial? Pepatah mengatakan jangan menari di atas gendang orang lain.

Dalam konteks teknologi atau keilmuan yang tidak semua bisa pembaca mengerti, maka press release memiliki tantangannya tersendiri untuk membuat kata-kata yang rumit menjadi lebih sederhana sehingga bisa dipahami.

Dalam konteks sosial, press release juga harus menjaga norma-norma masyarakat. Press release bukan huruf demi huruf yang bebas, tapi terikat pada aturan dan komitmen yang kita sepakati bersama.

TEKNOLOGI 

Press Release yang kami buat untuk klien perusahaan penyedia dunia untuk perangkat jaringan dan aksesoris. Beberapa kesulitan yang dihadapi dalam pembuatan press release teknologi adalah bagaimana membuat cerita yang disusun dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca, serta bagaimana key message di setiap tulisan dapat tersampaikan dengan baik. 


 




KULINER 

Kami melakukan peliputan tersendiri dan berbagi dengan rekan-rekan media. Mencoba menggambarkan suasana dan rasa kepada pembaca. Kami banyak berdiskusi dengan klien untuk dapat mencapai hasil terbaik. Dalam banyak hal, melakukan penulisan dan mendistribusikannya kepada media menjadi cara yang efektif dan efisien.  





BISNIS

Menulis press release atau bentuk penulisan lain memiliki seni tersendiri. Membangun reputasi untuk mencapai tujuan menjadi tantangan bagi kami. Kami selalu berpikir sebelum menulis, bukan sebaliknya. Kami mempertimbangkan setiap huruf, kata, dan kalimat. 

Posting Komentar